12 Oktober 2011

The Queen of Cake , Lapis Legit

Lapis Legit Prunes / Layer Cake with Prunes by Rifda's



Ahaaayyyyy, it's been two months since my last post. Kesibukan lebaran dan setelah lebaran benar benar menyita waktu dan tenaga. Sampai tidak ada waktu lagi untuk posting sesuatu di sini. Alhamdulillaaaah awal Oktober dapat acc dari si juragan untuk ikut kelas lapis legit, sekalian " me time" ya gan !. Waktu lagi sibuk sibuknya baking kue kering orderan untuk lebaran, kebetulan nemu majalah SANTAP thn 2006, ada lapis legit, tau tau tuingg...tuing , eh kan belum bisa bikin kue ini. Seumur umur memang kue ini yg paling dihindari karena bahannya muuaaaahal dan manggangnya lama, standarnya 3 jam lah. Untuk satu resep standar lapis legit betulan kuning telur yag dibutuhkan kita kira 30- 40 butir, belum lagi butternya yg bisa hampir setengah kilo sendiri. Itu pun untuk loyang ukuran 20 cm. Jangan ditanya yaaa kalo ada lapis murah meriah harga 50 ribu ukurannya 20 atau 22 cm, silahkan tebak aja sendiri bahannya apa.


Membuat kue ini memang membutuhkan kesabaran yang tinggi, butuh masker dan sarung tangan yang panjang hehehe. Karena hampir 3 jam manteng aja di depan oven yang nyalanya cuma api atas, panasnya langsung terasa ke muka dan tangan. Dan memanggang kue ini gak bisa ditinggal tinggal karena memang harus dicek setiap beberapa menit untuk memastikan kue tidak gosong, krn memang hanya dipanggang dgn api atas. Gak heran yaaa kalau kue ini mahal, udh bahannya premium treat memanggangnya pun manja. 

Membuat lapis legit memang kesannya sulit dan rumit , dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk membuatnya. Karena bisa jadi kebanggaan tersendiri looh jika kita menyajikan lapis legit hasil buatan sendiri di hari hari istimewa. Setelah ikut kelas di 2 Oktober, bbrp hari kemudian saya langsung praktek daaaaaan saya gagal  !!!!. Lapisan saya terasa ada kenyal kenyal dan tiap lapisnya pun kurang rapat, serta banyak bolong bolong gelembung udaranya. Tapi saya nggak menyerah, masih sangat merasa tertantang untuk bisa menghasilkan kue lapis legit dgn lapisan lapisan yg cantik. Penasaran dgn resepnya?. berikut saya lampirkan resep lapis legit klasik dari majalah SANTAP edisi eksklusif 2006. Resepnya lumayan ekonomis, jadi seandainya praktek kemudian gagal, gak terlalu sakit hati amat laaah.



Lapis Legit Klasik 
Untuk ukuran loyang khusus lapis legit : loyang mangkuk 20cm (atas) dan 14 cm (dasar)
Catatan : jika ingin menggunakan loyang kotak , maka bahan yg dibutuhkan : 
                Loyang 18x18x7cm : 1 1/4 resep
                Loyang 20x20x7cm : 1 1/2 resep
                Loyang 22x22x7cm : 2 resep


Bahan- bahan :


18 butir kuning telur
180 g gula bubuk, ayak
1 sdt vanilla ekstrak/ essens


180 g unsalted butter
180 g margarin
kalaumau fulll butter semua bisa saja
2 sdm susu kental manis


60 g terigu protein sedang
2 sdt bumbu spekuk


Cara:
Panaskan oven suhu 200 dercel (api bawah) . Lapisi dasar loyang dgn kertas roti , oles kertas dan bagian dalam loyang dgn mentega tipis tipis.

Kocok kuning telur hingga mengembang, masukkan gula bubuk dlm 3 tahap. teruskan mengocok hingga adonan putih dan kental. masukkan vanilli, kocok rata.

Dalam wadah terpisah, kocok mentega dan margarin sampai ringan dan lembut. beri susu kental manis, kocok rata. Campurkan kuning telur ke dlm kocokan mentega  scr bertahap sampai semua adonan teraduk rata 

ayak tepung dgn bumbu spekoek, masukkan tepung ke dlm adonan diatas secara bertahap smbl diayak. Aduk balik hingga rata. 




 Melapis dan Memanggang: 


Dengan sendok biasa, ambil kira2 1 sd 1 1/2 sdm munjung adonan, ratakan didasar loyang cake.






Panggang 1 menit dgn api bawah atau sampai adonan kecoklatan. Jika kurang coklat, panggang dgn api atas slm 1 menit. Keluarkan loyang, tekan tekan perlahan permukaan cake dgn penekan utk meratakan adonan. Setelah itu olesi permukaan cake dgn mentega menggunakan kuas. Ulangi membuat lapisan kedua dgn cara yg sama. setiap selesai satu lapis, tekan tekan permukaannya.
Pada lapisan ke 3 dst , menggunakan api atas.


Setelah selesai melapis smp adonan habis, matikan api atas. Panggang lg dengan api bawah selama kurang lebih 5 - 10 menit. Lakukan tes tusuk untuk mengetes kematangan cake.
Keluarkan cake dari loyang , lepaskan pinggir cake dari loyang dgn spatula. Biarkan cake dingin dlm loyang yg diletakkan di atas rak kawat. Keluarkan cake dr loyang stlh cake benar benar dingin.  













Tidak ada komentar:

Posting Komentar