2 Juni 2011

Cheese Layer Cake

Cheese Layer Cake by Rifda's




Minggu lalu juragan yang pulang dinas luar kota request cheese cake yg enak, kalo bisa spt yg di factory cheese itu. Bisa sih bisa, cuma saya gak pernah suka tuh sama rasa cheesecake factory , jaman duluuu banget saya suka beli. Alhamdulillah sekarang gak pernah beli lagi. Lagipula males bikin kue yang dominan banget rasa cream cheesenya, terlalu eneg kalo untuk lidah saya yang biasa makan sambel terasi + lalapan + tempe goreng. 

Inget punya resep cake lapis keju dari demo yongki gunawan 3 tahun yang lalu dan sdh saya modifikasi sesuai selera. Hasilnya kalo untuk lidah saya lebih enak dibanding rasa cheesecake factory. Bener aja, begitu si juragan pulang langsung deh dia nanyain kuenya, begitu dimakan: jeng..jeng..enak nih gak bisa berhenti. Enak mana sama factory cheese? , enak ini kata si juragan . Halaaaah jumawa deh sayanya. Itu ada secret recipe yg cheesecake factory gak punya, apa tuh ? bikinnya pake cinta tauuu hahahaha norak banget deh. Resep sponge cake saya gak bisa pindah ke lain hati selain pake resep sponge cake Yongki Gunawan. Teksturnya lembut dan gak beremah kalo dipotong. 

Resep Sponge Cake Vanilla

Bahan A:

10 kuning telur
5 putih telur
150 g gula pasir halus
10 g emulsifier

Bahan B

150 g terigu
10 g maizena
10 g susu bubuk
1sdt vanilli bubuk 

 Bahan C
150 g margarin, lelehkan

Cara:
Kocok bahan A sampai mengembang dan putih
Masukkan bahan B smbl diayak dan diaduk perlahan sampai rata
Masukkan bahan C, aduk rata
Tuang ke dalam 3 buah  loyang bulat 22x22x4 ( versi saya)
Panggang dgn suhu 180 derajat celcius sampai matang

Filling Keju: 
(kalo kemarin saya buat kurang lebih 1 1/2 resep karena seluruh cake saya cover,)

150 g margarine (margarine dan soft cream saya ganti whip cream, krn gak suka dgn rasa mentega di lidah)
75 g soft cream
75 g cheese spread (saya ganti cream cheese, dimasukkan ke dlm whipping dlm keadaan suhu ruang. kalo dlm keadaan dingin takut bergerindil)
Keju parut sesuai selera.

Cara: 
Kocok semua bahan filling jadi satu sampai rata.

Penyelesaian:
Letakkan satu lembar cake sbg alas, poles dgn bahan filling, taburi keju parut
Lakukan terus sampai cake habis
Poles seluruh cake dengan bahan filling dan cover dengan keju parut

Habis makan cake ini musti renang atau jogging kali ya. Kalorinya luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar