2 Juni 2011

Home Made Milk Bread


Home Made Milk Bread by Rifda's





 Lihat posting roti tawarnya mba Dewi Joris di milis kayaknya enak banget tuh makan roti tawar anget anget fresh from the oven. Udah planning deh long wiken ini gak mau kemana mana, mau menaklukkan roti tawar aja. 4 tahun yg lalu tepatnya di januari 2007 kursus roti udah pernah diikuti, tapi yg bikin malesss praktek adalah ngulenin dan proses fermentasinya, tapi makin hari makin kesini semakin pengen bikin makanan home made, lebih sehat dan bebas pengawet ( eh tapi para ingredient nya si roti pake pengawet gak ya). 

Hari ini si juragan diminta jaga anak anak, kan mereka suka reseh tuh kalo emaknya lagi rempong sama gadget dapur, udah gitu bikin roti lama dan perlu konsentrasi. Proses pembuatan roti ini makan waktu sejak jam 7 pagi sampai jam setengah 11 siang. Fermentasinya itu gak kuaaat deh, makan waktu banget. Tapi demi anak anak , si juragan dan diri sendiri yg pengen lebih pinter maka dibela belain.

Hari ini saya pede banget langsung nyoba 1 resep. 1 resep menghasilkan 2 buah roti tawar,dan tidak saya modifikasi sama sekali. Berhubung sedang belajar, jadi semua saya buat sesuai resep asli dulu. Kalo dari penampakan seratnya, ini tergolong sukses apa gagal ya?. Gak pede karena proses rounding saya belum mulus atas dan bawah, udah gitu dgn suhu 200 dercel sptnya kepanasan , permukaan atas roti terlalu coklat jadinya. Mungkin next time buat lagi, suhu harus saya turunkan ke 190 atau 180. Gadget dapur terutama oven itu berbeda beda soalnya.

Meski dag dig dug gak pede jadi, akhirnya mateng dgn sempurna juga (yakin???). Juragan dan anak gak bisa berhenti makan roti ini apalagi waktu anget anget  fresh from the oven .Hmmm, rasa gurih susunya terasa dan teksturnya lembut (berarti ini sukses dong yaa). Oh, ya Karena saya gak punya loyang roti sandwich yg ada tutupnya jadi saya pake loyang roti tawar yg open top aja. Bisa juga kok. Saya pake loyang ukuran 22x10x7  dan loyang 24x10x7. Untuk berat masing masing roti bisa dihitung berdasarkan rumus berikut.

Formula Untuk Roti Tawar Open Top (Milk Bread)
Berat Adonan= panjang x lebar x tinggi loyang
                                                  4

Formula Untuk Roti Tawar Closed Top (Sandwich)
Berat Adonan= panjang x lebar x tinggi loyang           
                                                4.5                            


Dengan menggunakan rumus diatas kita bisa mengetahui berapa berat adonan yg dibutuhkan. Jadi bisa disesuaikan dgn ukuran loyang yg kita miliki di rumah tanpa harus beli loyang dulu ke pasar hehehe.

Resep Special Milk Bread

Sumber Santap Edisi 14 Februari 2005

Bahan:
500 g terigu protein tinggi
5 g ragi instan
2 g bread improver
40 g gula pasir halus
20 g susu bubuk
175 g susu cair + 100 g air es
7,5 gr (3/4sdt) garam
50 g unsalted butter


Peralatan khusus : 2 loyang loaf ukuran 10x10x8cm (atau bisa disesuaikan dgn loyang yg kita miliki, yg penting loyangnya harus tinggi).

Cara: 

Olesi loyang dgn butter,sisihkan
Dalam baskom, aduk terigu,ragi,bread improver,gula dan susu bubuk.
Masukkan susu cair dan air es sedikit demi sedikit sampai terbentuk adonan yg lembab dan mudah diuleni.
Uleni hingga adonan rata
Campurkan unslated butter dan garam, aduk lagi sampai rata
Uleni hingga kalis elastis

Proses Fermentasi :
Pindahkan adonan ke dlm baskom lain yg telah dioles mentega
Balik hingga permukaan adonan yg berlapis minyak berada di atas
Tutup dgn cling wrap atau serbet
Diamkan 30 menit
Kempiskan adonan dgn ditinju
Pindahkan ke atas meja yg telah diolesi mentega
Timbang adonan @ 450 g ( atau sesuai ukuran loyang)
Bulatkan,tutup dgn plastik, diamkan 10 menit.
Gilas adonan hingga berbentuk persegi panjang selebar 15 cm. Gulung adonan mulai dr sisi yg lebar 15 cm  hingga menyerupai bolu gulung. Gulung smp habis. Jepit bagian sambungan spy tidak lepas
Taruh adonan ke dalam loyang  dgn bagian sambungan berada di bawah
Letakkan adonan yg telh digulung ke dlm loyang
Fermentasikan smp adonan mengembang dan menonjol keluar dr loyang setinggi kurang lebih 2 cm. (kalo saya, fermentasi terakhir ini butuh waktu sekitar 90 menit)
Panaskan oven 200 dercel . Poles permukaan roti dgn susu evaporated. Panggang hingga matang.

Tips: 
Agar roti tidak kering, setelah dingin bungkus roti dengan cling wrap kemudian masukkan ke dlm wadah kedap udara. Roti akan tetap moist. 

Next eksperimen pengen nyoba roti bagel. halaaah gaya banget.







 


2 komentar:

  1. kelihatannya enak banget, malah pengen beli roti hehehee

    http://templatemanis.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. jangan beli, buat aja lebih enak.

    BalasHapus