10 April 2011

Bolu Kukus ( lagii ??? ) , + Foto Step by Step


Penasaran pengen bisa buat bolu kukus kece spt foto diatas. Hari Sabtu kemarin dapat kesempatan latihan bareng membuat Bolu Kukus. Idenya berawal dari ajakan ibu peri bolkus untuk membuat bolu kukus saya terlepas dari kutukan, kebetulan  rumah ibu peri deketan sama rumah saya, ternyata ajakan bu peri disambut positif oleh bbrp teman teman di milis yang sampai saat ini masih aja kena kutuk alias bolu kukusnya mingkem semua gak mau ngakak. 

Jadilah LatBar (Latihan Bareng) di rumah Mba Yanti Saleh sabtu pagi. Wiiih emang dasar ibu ibu ya, kalo  udah ngumpul bawaan makanannya heboh heboh, di sabtu pagi nan ceria kemarin tuh kita sama sama belajar menaklukkan kutukan bolu kukus, makan bareng smp kekenyangan plus boleh bungkus bungkus setelahnya. Udah dapet ilmu, kenyang dan nambah silaturahmi pula. 

Waktu latbar kemarin saya bawa hasil bolkus saya dan ternyataaa bolkus saya masuk kategori setengah kutuk !!!. Yak sodara sodara, saya yang udah kepedean berhasil menaklukkan kutukan bolkus dan  udah lapor pula ke milis kalo bolkus saya mekrok , ternyata menurut bu peri masih kena kutuk karena mekrok di bagian atas tapi  masih ½ bantet di dalamnya. Mekroknya oke tapi tekstur bolu kukusnya masih salah  !!!!. Bukan Cuma itu sodara sodara,ternyata masang paper cup nya pun juga salah. .. duduls ..duduls..

Biar gak lupa saya foto deh itu step by step masang paper case yg bener 

Hohoho...ternyata gitu tooh masang paper cupnya. Kalo dipasang dgn cara spt ini paper cupnya pasti akan ngepas dengan bagian bawah cup dan gak ngegantung (kebayang gak maksud saya).


Sepintas kalo baca resep kelihatan mudah ya, tapi ternyata di balik itu ada tips dan trik anti gagalnya. Sampe masang paper cupnya pun ada triknya. Duuuuh gak rugi banget deh ikutan latbar ini. Soale sejak bisa bikin kue saya belum pernah buat kue ini. Penasaran harus bisa karena ini bisa jadi mesin uang selanjutnya hohohoho..


Resep  yg dipraktekkan kemarin adalah resep bolu kukus cantik milik ibu peri. Berikut resepnya

Bolu Kukus Cantik
Sumber : Mba Heryanti Saleh
Bahan bahan:
2 butir telur
160 gr gula pasir
1 sdt munjung emulsifier
200 gr terigu kunci / segitiga biru
100 ml santan
100 ml soda

Cara:
Mix telur, gula dan ½ bagian emulsifier dgn kecepatan tinggi sampai putih mengembang ( sampai tahap ini adonan belum mengkilat)
Masukkan terigu,santan dan sprite bergantian, mix dgn kecepatan rendah sampai habis
Masukkan sisa emulsi dan mix dgn kecepatan rendah sampai habis. (pd tahap ini adonan harus dikocok sampai mengkilap dan kental sekali)
Bubuhkan essence, kocok rata
Siap di beri warna

Berikut foto step by step pewarnaan adonan sehingga pada saat mekrok / mekar menghasilkan tekstur yg cantik



Tips dari ibu peri bolkus :


Panaskan kukusan dengan air sedikit saja kurang lebih 2 buku jari.
Kukusan jgn dipanaskan dr awal. Kukusan bisa mulai dipanaskan setelah tahap pewarnaan adonan.
Mengukus dgn klakat cukup 5-7 menit saja, dikukusnya cukup dgn api sedang.
Kue dijamin sudah sukses jika mekrok dan terasa ringan saat diangkat dr cup bolkus.
Setelah matang segera keluarkan kue dari cup agar tdk terkena tetesan air yg mengakibatkan pinggiran kue mjd keras.
Jangan lupa berdoa sebelum mulai kerja ya bu..ibuuuu








Tidak ada komentar:

Posting Komentar