5 April 2011

Bolu Kukus

Steam sponge cake by Rifda's


Di milis lagi heboh hebohnya event  bolkus week. Sejak bisa bikin kue,belom pernah sekalipun nyoba praktek bikin bolu kukus. Penduduk di rumah kurang suka. Tapi stlh baca2 postingan kok challenging juga,secara banyak yg kena kutuk bolu kukusnya, ada yg dikutuk mingkem,ada yg manyun , ada yg ngakak tp malu malu dan yg lepas dr kutukan alias ngakak total. Ngakak itu istilah kita di milis untuk bolu kukus yg berhasil luar dalam dan mekrok bagian atasnya. 

Karena belom pernah bikin samsek saya males pake resep yg ribet ribet,kalo gagal sayang bahan dong ah. Pake resep yg aman aja,kalopun gagal gak rugi rugi amat hehehe. dan ternyata benar sodara sodara, di hari uji coba pertama saya langsung kena kutuk peri bolkus.


Bolkusnya ngembang tp bantet , nah lu gimana tuh?. Bagian atas pun nempel ke kain penutup kukusan,bolkusnya pun doyong kiri kanan,jelek bgt deh pokoknya. Tapi saya pantang menyerah,mau coba lagi besoknya. Dan dari kegagalan itu saya banyak dapat pelajaran berharga (edisiserius.com) yaitu :



Tips anti gagal :
Pastikan bahan bahan dalam keadaan suhu ruang, jangan sampai ada yg dingin.
Panaskan kukusan sampai benar benar beruap banyak
Gunakan api yg besar
Kalo ngukusnya pk klakat ( kukusan kotak),tutup klakat gak perlu ditutup kain.
Pada waktu mengukus, beri jarak agak jauh antara cup yg satu dgn cup yg lain,supaya ada space.
Adonan harus benar benar kental.
Mengisi cupnya jangan cuma 3/4 cup. isi sampe penuh,mendekati ujung cup. 


Bolu Kukus 10 menit
(sumber : NCC )

Bahan: 
450 gr gula pasir
500 gr terigu
1 sdt BPDA (baking powder double action), merknya Hercules, dijual di kaleng kecil dan kaleng besar. ada kok di pasar
4 butir telur
300 ml air / santan / susu cair
1 sdm cake emulsifier
esence vanilla/pisang ( buat ngilangin bau telor)
Coklat bubuk secukupnya


Cara:
Panaskan kukusan.
Masukkan semua bahan jadi satu, kocok 10 menit sampe kental banget. Jangan khawatir, emang gini kok cara ngocok adonannya. Tadinya saya juga sempet bingung tp stlh konsultasi ke "suhu"nya bolu kukus, ternyata memang semua dimasukkan baskom dan dimikser 10 menit/lebih sampe kental.
Ambil sedikit saja adonan putih , kemudian,campur dgn coklat bubuk. Sisihkan
Tuang adonan putih ke dlm cetakan bolu kukus.
Beri sedikit adonan coklat diatasnya.
Kukus 10 menit .


Nungguin 20 menit terasa lama banget. Bikin deg-degan dan penasaran , ngakak enggak ngakak enggak,mana gak bisa diintip pula ke dalam kukusannya. Akhirnya setelah 20 menit......taraaaaaaaaaa.....bolu kukusnya mekroooook juga. Hush..hush pergi lah sana kutukan bolu. Oh iya, kalo stlh badge pertama selesai dikukus kmdn badge ke 2 masuk,jgn lupa bagian atas dalam klakat sisa sisa uap airnya dilap.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar