4 April 2011

Black Forest


Home made black forest for Bank International Indonesia by Rifda's


Jeng..jeng, ini dia kue yg buat saya tertarik dunia baking bakingan.Kue ini bikin gemessss,tiap kali pengen beli pasti semua berbau Rhum. Akhirnya saya bertekad harus bisa bikin kue dan kalo udah bisa bikin kue, cake pertama yg mau saya buat adalah cake ini ,supaya puassss makannya. Ternyata gampang bikinnya ya sodara sodara. Tampilannya juga cantik dengan hiasan coklat serut dan ceri merah. 

Alhamdulillah cake ini sering di repeat order BII Megaria untuk diberikan sebagai hadiah kepada beberapa nasabah istimewanya. Saya suka jenis cake yg menggunakan kuning telur lebih banyak dan sedikit terigu , karena teksturnya menurut saya lembut,halus dan tidak beremah waktu dipotong dan tidak jadi batu ketika masuk kulkas. Saya paling gak suka dgn tekstur kue yg beremah mawur ketika dipotong. Kuncinya : gunakan bahan bahan terbaik, pasti maknyus hasilnya.Berikut resepnya:


Klasik Black Forest
Sumber : Buku Black Forest dan variasinya oleh Yeni Ismayani
Bahan Cake
8 kuning telur
5 putih telur
150 gr gula halus
1 sdt cake emulsifier
50 gram terigu, ayak
40 gram coklat bubuk
15 gram susu bubuk
½ sdt baking powder
125 gram margarin, lelehkan
Cara:
Kocok kuning telur,putih telur dan gula halus hingga setengah mengembang, masukkan emulsifier. Kocok hingga mengembang. (jika menggunakan mixer heavy duty spt Kitchen Aid atau Bosch, cake emulsifier bisa dimasukkan langsung bersamaan dgn telur dan gula).
Masukkan tepung terigu,coklat bubuk,susu bubuk dan baking powder sambil diayak, aduk balik hingga rata
Tuangkan margarin , aduk hingga tercampur rata
Tuang ke dalam loyang bulat diameter 22 cm
Panggang dalam oven dgn suhu 180 derajat hingga matang.

Filling dan Cover untuk cake

sumber:  NCC

500 gr krim kocok/butter  cream
100 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
10 buah cherry merah
1 kaleng cherry hitam, saring, pisahkan airnya

Penyelesaian

Belah cake menjadi 3
Dinginkan, basahi dengan air cherry hitam. Letakkan satu lapis cake, oles dengan krim kocok atau butter cream, lalu atur belahan cherry hitam di atasnya. Tumpuk diatasnya lapisan kedua, oles dan beri cherry hitam lagi, tumpuk lagi dengan lapisan teratas. Setiap lapisan jangan lupa dibasahi dengan air cherry hitam.
Rapikan, oles seluruh cake dengan krim kocok atau butter cream, hias dengan DCC serut/pagar/arabesque hingga tertutup semua. Semprotkan butter cream, hias dengan cherry merah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar